Mengelola Keuangan, #LakukanDenganCaramu

Saat ini, dunia tempat kita berinteraksi terus berubah, dan kita secara sadar ikut pula beradaptasi. Termasuk dalam hal pengelolaan uang. Semakin banyak perubahan, maka semakin banyak pula pilihan. Generasi masa kini juga sangat terekspos dan mudah mendapatkan akses ilmu tentang mengelola keuangan. Tidak seperti jaman orang tua kita dulu, saat ini masing-masing kita memiliki cara pandang yang berbeda-beda, yang berimplikasi pada cara pengelolaan yang berbeda pula.

The way we bank, kini benar-benar berbeda dengan apa yang kita pahami sekitar 5-10 tahun lalu. Jenius, solusi life finance dari Bank BTPN, mengapresiasi cara unik masyarakat beradaptasi dengan cara-cara pengelolaan keuangan, terlebih dengan adanya situasi pandemi yang telah berlangsung lebih dari satu tahun yang pastinya membawa banyak perubahan gaya hidup secara cukup drastis.

Jenius memperkenalkan program #LakukanDenganCaramu, serangkaian solusi life finances bagi para digital savvy yang bisa dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan finansial masing-masing. Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, menjelaskan latar belakang program #LakukanDenganCaramu. “Selama lebih dari satu tahun, kita beradaptasi dengan mengubah cara dalam melakukan banyak hal. Mulai dari cara bekerja, belajar, bersosialisasi, bersenang-senang, sampai cara mengelola keuangan. Jenius hadir mendukung masyarakat digital savvy untuk terus maju, berkembang, dan beradaptasi, lewat beragam inovasi untuk membantu para pengguna mencapai tujuan finansialnya masing-masing.” 

Berdasarkan Jenius Study yang bertajuk Adaptasi Masyarakat Digital Savvy Selama Pandemi yang melibatkan 527 responden berusia 26 – 40 tahun, terungkap lima cara yang mereka lakukan untuk beradaptasi dengan keadaan baru dan yang membuat tetap bahagia adalah berpikir positif (17%), bersyukur (14%), menonton (13%), bermain games (10%), dan menekuni hobi (10%). Mereka juga memiliki resolusi di 2021 yaitu menjaga kesehatan mental (58%), belajar skill baru (56%), memulai atau mengembangkan usaha (51%), menikah (23%), dan renovasi atau mendekor ulang tempat tinggal (23%).

Berdasarkan Jenius Study untuk mengetahui kondisi finansial masyarakat digital savvy yang dilakukan kepada 567 responden berusia 26 – 40 tahun, terlihat perubahan pada cara bertransaksi. Sebelum pandemi, penggunaan mobile/digital banking adalah sebesar 71% dan ATM sebesar 45%, namun selama pandemi terjadi peningkatan mobile/digital banking menjadi 83% dan penurunan pada ATM menjadi 34%. Masyarakat digital savvy juga mengaku banyak menunda atau membatalkan rencana mereka (82%), antara lain liburan (85%), investasi (26%), membeli properti (21%), membeli kendaraan (16%), dan melanjutkan pendidikan (15%). Mereka menyatakan memilih untuk mengubah alokasi dana yang tadinya telah disiapkan untuk rencana tersebut menjadi tabungan (38%), investasi (24%), kebutuhan sehari-hari (14%), deposito (9%), dan produk kesehatan (3%). Tujuan finansial mereka di 2021 adalah  kondisi keuangan yang stabil (80%), lebih banyak menabung (68%), investasi (54%), menyiapkan dana darurat (44%), dan memiliki aset (44%).


Program #LakukanDenganCaramu memiliki tiga pilar yaitu #adajenius, #carajenius, dan #barengjenius. Melalui #adajenius, Jenius memperkenalkan berbagai pilihan fitur yang dapat mendukung pengguna menghadapi kehidupan yang terus berubah dan tidak terduga. Fitur ini ada untuk menyesuaikan kebutuhan dan dapat digunakan dengan cara mereka sendiri. Misalnya, untuk membantu pengguna bertransaksi lebih aman secara nontunai, #adajenius dengan Jenius QR dan Jenius Pay. 

Melalui pilar #carajenius, Jenius mengapresiasi perbedaan cara setiap pengguna Jenius dalam menjalani hidup dan menggunakan fitur Jenius untuk mengelola keuangan. Jenius memahami setiap orang punya cara berbeda dalam mengelola keuangan. Untuk kebutuhan personal, mereka memiliki cara sendiri dalam mengulik fitur-fitur di Jenius sesuai dengan kondisi finansial mereka. Selain itu, ada juga pengguna yang memanfaatkan akun bisnis demi mendukung usahanya di masa pandemi.

Jenius hadir menemani setiap langkah masyarakat digital savvy untuk berkembang bersama menciptakan solusi life finance yang semakin lengkap. Oleh karena itu, melalui #barengjenius, Jenius mengajak pengguna untuk bersama-sama belajar hal baru, beradaptasi, berinovasi, berkokreasi, dan saling berbagi solusi melalui Jenius Co.Create. Beragam kelas & workshop dengan berbagai topik tentang finansial, teknologi, dan kreativitas dapat diikuti melalui https://www.cocreate.id/. 

“Sesuai dengan semangat kokreasi dan kolaborasi yang kami usung sejak awal, kami mendengarkan dan menerima banyak cerita inspiratif dari teman Jenius tentang bagaimana mereka beradaptasi. Melalui program #LakukanDenganCaramu, kami ingin menjangkau lebih banyak digital savvy untuk bersama-sama bertumbuh dan saling menginspirasi dalam kondisi saat ini”, tutup Waasi. 

Informasi seputar program #LakukanDenganCaramu dapat diakses melalui: www.jenius.com/lakukandengancaramu. 


See also:
-- Proteksi Jiwa Instan dan Pengembalian Premi 110% dari ALIVE by Generali -- VIT Perkenalkan Kemasan Baru dan Aktivasi Untuk Milenial -- Drama Seri Viu Original 'SWITCH', Buah Idealisme Nia Dinata & Lucky Kuswandi -- 100 Brand Lokal Ramaikan LOCA Market Akhir Pekan Ini --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Platform ‘Benefits’ dari GreatDay HR Bantu Kelola Keuangan Karyawan

Platform ‘Benefits’ dari GreatDay HR Bantu Kelola Keuangan Karyawan

READ MORE
Koleksi Eksklusif Lebaran 2018 Central Department Store dari 10 Desainer

Koleksi Eksklusif Lebaran 2018 Central Department Store dari 10 Desainer

READ MORE