WANITA BISA, Event & Gerakan Inspiratif dari BOEMI Botanicals & Hotel Episode Gading Serpong

Akhir pekan lalu (13-14 Agustus 2022) sebuah hajatan istimewa terselenggara di kawasan Gading Serpong Tangerang, tepatnya di Hotel Episode Gading Serpong, bertajuk WANITA BISA. Masuk ke venue utama yang berada di Grand Ballroom Hotel Episode, pengunjung disambut oleh pameran produk-produk UKM yang dimiliki oleh para perempuan, yang berasal dari sekitar Tangerang, hingga Bali. 

Selain pameran, rangkaian aktivitas pada event WANITA BISA adalah Konferensi dan Kelas Berbagi, yang menghadirkan wanita-wanita inspiratif yang siap berkembang bersama, dari wanita untuk wanita. Penyelenggaraan event WANITA BISA kali ini merupakan yang pertama, diinisiasi oleh BOEMI Botanicals yang berfokus pada delegasi dan inspirasi dari dan untuk wanita, dalam rangka pemberdayaan wanita Indonesia. 


BOEMI Botanicals adalah merek lokal Indonesia yang berlokasi di Bali, hadir untuk memberikan  ruang  pilihan bagi para pecinta produk perawatan tubuh berbasis bahan natural. BOEMI Botanicals berfokus dengan produk yang menggunakan bahan dasar dari bumi, dipadukan dengan serapan resep nenek moyang yang diturunkan kepada setiap generasi sebagai warisan budaya. Komitmen BOEMI Botanicals tidak hanya membangun bisnis yang berkelanjutan, tetapi untuk turut serta dalam pemberdayaan masyarakat, khususnya wanita. Sebagai komitmen untuk terus membawa misi ini, sejak akhir tahun 2021 BOEMI Botanicals telah menjalin kemitraan dengan Bali Street Mums, sebuah organisasi nirlaba yang terpusat pada pemberdayaan wanita dan perkembangan anak-anak. Ini adalah salah satu cara BOEMI Botanicals memenuhi komitmen terhadap daerah setempat, khususnya di Bali. Dimulai dengan memberikan edukasi kepada para ibu berupa kelas produksi dan dilanjutkan dengan kelas bisnis, BOEMI Botanicals juga membantu para ibu menjual produk-produk buatan tangan ibu Indonesia.

Venny Hermawan, Direktur dari BOEMI Botanicals bercerita, “Pada tahun 2022, BOEMI Botanicals berinisiasi untuk membuat sebuah gerakan sosial bertema pemberdayaan wanita  dalam medium yang lebih besar, yang dapat menjangkau lebih banyak perempuan di Indonesia. WANITA BISA digagas oleh BOEMI Botanicals sebagai wadah gerakan sosial, sekaligus menciptakan momentum untuk berbagi dan medelegasikan informasi dari dan untuk perempuan, dalam rangka pemberdayaan wanita di Indonesia,”

Acara yang berlangsung selama 2 hari ini diadakan di Hotel Episode Gading Serpong, Banten. “Salah satu alasan kami mengadakan acara di hotel ini dikarenakan komitmen yang dimiliki oleh Hotel Episode untuk merangkul dan melestarikan budaya lokal sejalan dengan salah satu visi dan  misi acara WANITA BISA,” lanjut Venny.

stand BOEMI Botanicals pada pameran WANITA BISA

Megawati, Direktur dari Hotel Episode berbagi, “Bisnis inti kami adalah perhotelan dan kami percaya bahwa itu membutuhkan layanan yang luar biasa. Bagi kami itu bukan hanya tentang melayani pelanggan tetapi juga tentang bagaimana kami dapat melestarikan dan merangkul budaya lokal dan masyarakat sekitar. Melalui tema hotel kami, “Unfolding History, Retelling The Story”, kami memiliki empat pilar pendukung bisnis yakni pelestarian budaya, mendukung kuliner tradisional, pelaku UMKM lokal, serta berkontribusi pada kegiatan lokal.”

Lebih lanjut, Megawati menjelaskan bahwa Hotel Episode Gading Serpong menggali kearifan lokal dan membawa kembali budaya Badui dan Peranakan yang selama ini dikenal sebagai identitas budaya lokal di area Banten. “Dikarenakan mendukung acara dan UMKM lokal adalah bagian dari komitmen kami, hal ini kami implementasikan dengan turut serta mendukung gerakan dari BOEMI Botanicals melalui WANITA BISA. Dengan rangkaian acara yang diadakan selama 2 hari di hotel ini, kami berharap banyak inspirasi yang tersebar sehingga kami mampu melebarkan semangat pada mimpi-mimpi sekaligus mendelegasi mereka untuk percaya pada kemampuan diri,” ujar Megawati. Ia juga menambahkan, bahwa salah satu bentuk nyata Hotel Episode Gading Serpong mendukung UKM adalah dengan menghadirkan gerai Soroso Artisan Gallery, yang terletak di lantai dasar, di mana keseluruhan dari isi gerai ini merupakan hasil karya UKM lokal. 

WANITA BISA berharap dapat menjadi gerakan yang menginspirasi serta memotivasi perempuan untuk terus mengembangkan kemampuan, percaya pada mimpi, dan melintasi ketidakmampuan agar dapat terus berdaya. “Sebagai seorang wanita, saya percaya bahwa wanita Indonesia dapat mencapai lebih banyak jika kita mampu percaya pada diri kita sendiri, pada mimpi-mimpi yang kita punya, serta kreatif mewujudkan mimpi dengan terus mengembangkan kemampuan. Saya berharap melalui gerakan ini, WANITA BISA dapat terus membantu perempuan untuk saling berdaya… karena kita bisa!” Venny berbagi sembari menutup percakapan.


See also:
-- NIVEA Crème Tin untuk Tenaga Medis Indonesia -- Hari Ini Dibuka, Korea Travel Fair 2018 -- (Ditunda) HeForShe Run 2020 -- Wajah Baru Jogja Fashion Week 2018 --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

International Islamic Fair 2016: Where The Global Islamic Society Gathered

International Islamic Fair 2016: Where The Global Islamic Society Gathered

READ MORE
9 Fakta Menarik dari Pameran World of Ghibli Jakarta

9 Fakta Menarik dari Pameran World of Ghibli Jakarta

READ MORE