Tribute to Harry Ibrahim Membuka Pekan Mode Fashionality 2023

Jelang akhir tahun 2023 ini, Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Jawa Barat kembali menyelenggarakan perhelatan mode tahunan yang menjadi brand unggulannya, yaitu Fashionality 2023. Perhelatan ini menjadi salah satu kiprah APPMI dalam mengedepankan sinergi antar industri dan UMKM fashion dan pendukungnya, yang tersebar di banyak daerah termasuk Jawa Barat. 

Bertempat di Trans Convention Center, Trans Luxury Hotel, Bandung pekan mode ini diselenggarakan selama 3 hari, 12-14 Desember 2023 menjadi pekan mode tahunan terbesar di Jawa Barat. Setelah sebelumnya sukses dengan Modest Est Mode di tahun 2022 masih dalam semangat bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19, Fashionality 2023 kali ini bertajuk Impression. Susan Zhuang, perwakilan APPMI Jabar menjelaskan, tema impression ini sejak jauh hari merupakan konsep dari alm. Harry Ibrahim, ketua APPMI Jabar, yang menginginkan Fashionality bisa memberikan impresi dan kesan yang mengagumkan dan menyenangkan, kepada publik fashion. 

Acara ini sekaligus menjadi ajang para desainer untuk menggelar karya terbaru yang akan mewarnai trend mode tahun 2024 mendatang lewat Fashion Tendance 2024 APPMI Jabar pada closing ceremony 14 Desember 2023.

Sebagai bentuk komitmen terhadap kemajuan dunia fashion dalam negeri, APPMI berusaha untuk terus memberikan ruang kepada UMKM Jawa Barat khususnya dan 3 sektor di bidang usaha yaitu  pendidikan, serta seni budaya dan wastra (culture & art). Masing-masing sektor ini diterjemahkan ke dalam bentuk kegiatan yang meliputi pameran dagang, coaching clinic dan seminar serta fashion show yang diharapkan akan memetakan proses industri dari hulu sampai hilir, khususnya di Jawa Barat.

  

Tema Impression dan Tribute to Harry Ibrahim

Fashionality 2023 memilih Impression menjadi tema besar. Kita ketahui bahwa fashion adalah sebuah kecenderungan gaya yang sedang digemari dan berlaku dalam jangka waktu tertentu. Ia merupakan bagian gaya hidup pilihan pribadi seseorang, yang bisa membuat diri mereka merasa lebih baik dan nyaman. Dalam dunia digital seperti sekarang ini, Impression sendiri adalah istilah yang digunakan untuk mengukur tampilan konten digital serta interaksi yang dilakukan oleh pengguna internet. Bisnis akan berkembang manakala Impression management atau manajemen reputasi ini digunakan untuk meningkatkan aktifitas pemasaran.

Pengelolaan kesan (impression management) merupakan aktivitas seseorang untuk membentuk pandangan orang lain terhadap dirinya berdasarkan simbol-simbol yang ditampilkan. Untuk itulah Fashionality 2023 sengaja mengambil tema Impression. Berharap agar lewat acara ini, seluruh pelaku bisnis kreatif terutama di dunia fashion akan mampu secara mengesankan menampilkan ide-ide kreatif yang orisinil. Tentu dengan tak melepaskan diri dari keutamaan budaya nasional, garis perjuangan APPMI sebagai asosiasi dan organisasi tetap terfokus kepada pengembangan unsur-unsur lokal.

Sebagai bentuk cinta dan penghormatan terhadap ketua APPMI Harry Ibrahim yang baru berpulang pada Oktober 2023 lalu, para desainer APPMI Jawa Barat mengadakan panggung 'Tribute to Harry Ibrahim' pada pembukaan Fashionality 2023. Dengan konsep Impression, alm. Harry Ibrahim ingin meninggalkan legacy karya fashion yang detail dan perfeksionis. Tribute ini dilakukan dengan peragaan karya para desainer dengan koleksi gaun malam berwarna hitam, bertajuk 'Habis Gelap Terbitlah Terang. 


Dimeriahkan oleh lebih dari 120 orang desainer potensial Jawa Barat, dengan sekitar 95 stand di area exhibition, acara ini didukung pula oleh Yogya Group, Garuda, Universitas Kristen Maranatha, dan IFAF. Semoga Fashionality 2023 “Impression” dapat membawa nama fesyen Indonesia di kancah industri fesyen dalam dan luar negeri serta meningkatkan brand awareness serta membangun branding seluruh pelaku bisnis yang terlibat.

See also:
-- Promosi Karya Anak Bangsa di Festival Indonesia Moskow 2019 -- Kesempurnaan Kupu-Kupu, Paduan Fashion & Perhiasan Kolaborasi IPMI & Hartadinata Abadi -- IFC Perkenalkan 'Front Row', Pamerkan Koleksi Desainer Indonesia di Paris -- Exciting! Koleksi Terbatas Ikea x Virgil Abloh --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Istiqlal Fashion Days Dorong Masjid Menjadi Etalase Halal Industri

Istiqlal Fashion Days Dorong Masjid Menjadi Etalase Halal Industri

READ MORE
Sosialisasi Tren Fashion Muslim dalam Road to MUFFEST Surabaya dan Jogja

Sosialisasi Tren Fashion Muslim dalam Road to MUFFEST Surabaya dan Jogja

READ MORE