Kemasan Ramah Lingkungan Non Plastik Inisiatif L'Oréal Indonesia

Didukung oleh e-commerce Shopee, melalui langkah ini L'Oréal Indonesia dapat menggantikan penggunaan plastik kemasan kirim sekitar 48 Ton selama setahun

L'Oréal memperkenalkan inisiatif terbaru pembawa perubahan di industri e-commerce Indonesia. L'Oréal Indonesia bekerjasama dengan Shopee menginisiasi penggunaan kemasan pengiriman yang lebih ramah lingkungan. Program ini merupakan proyek kolaboratif antara L'Oréal Indonesia yang didukung oleh Shopee untuk memberikan pengalaman belanja online yang lebih ramah lingkungan dengan mengganti penggunaan bahan pengemasan plastik dan menggunakan kardus yang bersumber dari bahan baku yang bertanggung jawab.

L'Oréal Indonesia melalui tiga brand-nya yaitu Garnier, Maybelline New York, L'Oréal Paris memperkenalkan kemasan kirim ramah lingkungan tanpa menggunakan plastik tambahan pertama yang dikelola oleh Shopee dari warehouse Shopee di Jakarta.

Martin Crosnier, General Manager Consumer Product Division, L'Oréal Indonesia mengatakan, “Dalam perkembangannya, E-commerce telah memegang peranan penting bagi bisnis L'Oréal, terutama brand-brand konsumen kami. E-commerce memberikan kemudahan akses bagi konsumen untuk memenuhi kebutuhan secara online terlebih sejak pandemi dan kami percaya akan terus meningkat. Menyadari dampak yang dihasilkan bagi bumi melalui rantai bisnis, kami mengambil peran untuk membawa perubahan dalam mengajak konsumen online menjadi lebih sadar dan memulai kebiasaan konsumsi yang lebih berkelanjutan, dimulai dengan kemasan kirim yang lebih ramah Lingkungan. Kami bangga dapat bermitra dengan Shopee, salah satu mitra kunci L’Oréal sejak lama yang memfasilitasi inisiatif ini dengan ikut menyesuaikan proses di warehouse yang berbeda dari sebelumnya. Hal ini tentunya akan meningkatkan pengalaman belanja online konsumen L’Oréal di Shopee.” 

Mohamad Fikri, Head of Corporate Responsibility L'Oréal Indonesia mengatakan, “Melalui komitmen L'Oréal For the Future, L'Oréal mengambil langkah untuk menggerakkan Indonesia maju menjawab berbagai tantangan di dunia. Dalam manifestasinya, kami berfokus pada tiga pilar utama: mentransformasi cara kami melakukan bisnis untuk menghargai batasan dari bumi tempat kita tinggal, memberdayakan ekosistem bisnis kami dan membantu mereka berubah untuk bumi yang lebih berkelanjutan, serta menekan isu sosial dan lingkungan untuk berkontribusi menciptakan dunia yang lebih baik bagi semua. Kerjasama dengan Shopee ini tentunya menjadi manifestasi yang jelas dari semua pilar karena L'Oréal sadar tidak dapat bergerak sendiri untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak.”

Kemasan kirim yang lebih ramah lingkungan ini meniadakan plastik sebagai pembungkus tambahan. Tiga komponen utama kemasan kirim, yakni mengganti bubble wrap menjadi flute liner yang berbahan kertas, mengganti selotip plastik menjadi selotip kertas, dan menggunakan kardus yang telah menerima sertifikasi CoC (Chain of Custody) dari FSC (Forest Stewardship Council), dimana asal usul bahan baku yang digunakan dalam proses produksinya dipastikan berasal dari sumber yang bertanggung jawab. Dari langkah awal ini, diestimasi L'Oréal Indonesia dapat menggantikan 48 ton plastik kemasan pengiriman menjadi kemasan kirim lebih ramah lingkungan dalam satu tahun. Kemasan kirim lebih ramah lingkungan ini telah diaplikasikan ke empat official store L'Oréal di Shopee antara lain Garnier, Garnier Men, Maybelline, dan L'Oréal Paris.

kardus FSC


Flute liner pengganti bubble wrap

Inisiatif L'Oréal Indonesia ini didukung oleh Shopee, dengan memfasilitasi gudang mereka untuk menyediakan area pengemasan dan sumber daya manusia khusus untuk memberikan pengalaman belanja online yang lebih ramah lingkungan untuk para konsumen. Putri Lukman, Head of FMCG Shopee Indonesia  mengatakan, “Kami mendukung dan menyambut baik inisiatif L'Oréal dalam meningkatkan upaya mereka untuk memperkenalkan dan memberikan solusi pengemasan e-commerce yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. Melalui komitmen ini, Shopee ingin menjalankan langkah awal dalam membantu konsumen dan pengguna untuk membuat pilihan ramah lingkungan dengan lebih mudah dan nyaman, dimulai dengan pembelian produk-produk L'Oréal di Shopee. Shopee berharap para pengguna dan pecinta produk L'Oréal akan ikut mendukung inisiatif ini.”

Tidak berhenti sampai disitu, melalui brand Garnier, L'Oréal Indonesia berupaya untuk secara konsisten terus mengedukasi masyarakat untuk memulai gaya hidup lebih berkelanjutan. Melalui Garnier yang berkomitmen menuju Green Beauty, para konsumen diharapkan mulai memilah sampah di rumah untuk memudahkan proses daur ulang. Saat ini masyarakat masih butuh informasi mengenai cara memilah sampah yang benar di rumah. 

Pandu Brodjonegoro, Brand General Manager Garnier Indonesia mengatakan, “Garnier menjadi salah satu merek utama untuk memimpin komitmen L'Oréal for the Future. Misi Garnier untuk memimpin sustainability dalam kehidupan konsumen sehari-hari, salah satunya melalui komitmen kami untuk melawan polusi sampah plastik dengan aksi nyata. Aksi nyata kami wujudkan dengan terus mendorong gaya hidup memilah sampah mulai dari rumah, berkolaborasi dengan e-Recycle untuk memudahkan konsumen dalam berpartisipasi mengurangi polusi plastik di Indonesia dengan menyediakan sistem penjemputan sampah secara offline dan online (berbasis aplikasi), yang merupakan solusi pengelolaan sampah yang nyaman sesuai dengan kebutuhan konsumen.”

“Kami sadar mengganti kemasan kirim yang lebih ramah lingkungan merupakan langkah awal namun perlu diambil sekarang. Untuk menuju keberlanjutan, komitmen jangka panjang ini perlu terus mengembangkan upaya kolaboratif bersama para mitra, konsumen dan pemerintah. L’Oréal berkomitmen untuk mengurangi dampak terhadap planet ini dan berinovasi untuk masa depan yang berkelanjutan, sebagai pemimpin transformasi di industri kecantikan,” tutup Martin.


See also:
-- Berkonsep Beauty Library, Serunya Belanja The Self Inc -- Corak dan Gaya Tak Terbatas untuk Pria dari Norlive -- Inspirasi Outfit Lebaran Terbaik dari 12 Desainer, Eksklusif di Blibli -- Sweet Holiday Sale dari Avenue Clothing --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Ada Apa Saja di LC Waikiki Store Gandaria City?

Ada Apa Saja di LC Waikiki Store Gandaria City?

READ MORE
Peduli Produk Lokal Kunci Kebangkitan Ekonomi Indonesia

Peduli Produk Lokal Kunci Kebangkitan Ekonomi Indonesia

Saat semua sektor usaha dan produsen melakukan retrospeksi, kita sebagai konsumen juga harus melihat lebih dekat dan peduli dengan apa yang terjadi di sekitar kita.

READ MORE