Bisnis OTA Pulih, Bagaimana Tiket.com Menyikapi Larangan Mudik Lebaran 2021?

Sejak awal tahun 2021 bisnis Online Travel Agent (OTA) telah pulih, menunjukkan aktivitas traveling masyarakat yang juga sudah kembali meningkat. Kinerja Q1 2021 dari tiket.com kian melonjak tajam semenjak pandemi melanda di tahun 2020. Tiket.com yang memasuki usia ke-10 tahun ini cetak banyak rekor performa di semua lini produk unggulan di dalam aplikasi. Pembelian tiket pesawat pada Q1 2021 meroket setinggi 331% , booking hotel juga naik tajam di angka 321% dan tiket TO DO juga meraih level popularitas baru dengan angka transaksi sensasional di angka 10.083%.

Kemudian, pada Q1 2021 tiket.com juga mencatat pertumbuhan angka user sebesar 299% atau sekitar 3 kali lipat. Hal ini menandakan bahwa masyarakat Indonesia menggemari rangkaian fitur baru yang diluncurkan, jajaran promo yang digencarkan, serta semakin mempercayakan tiket.com untuk segala kebutuhan perjalanan mereka.

Angka berprestasi ini tidak luput dari kontribusi beberapa kampanye seperti MTM (Malu Tanggal Muda) dan kampanye tanggal merah yang masih menjadi favorit masyarakat. Berdasarkan data yang dihimpun, pesta diskon tahunan tiket.com Mendadak OTW (Online Tiket Week) yang digelar pada tanggal 5 – 11 April lalu berhasil memberikan push tambahan di awal Q2 2021. Dimana kontribusi kampanye Mendadak OTW mendorong angka pembelian tiket pesawat sebesar 81%, booking hotel sebesar 131%, dan tiket TO DO sebesar 75%.

Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com, berkata “Hadirnya kampanye promo ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk merencanakan liburan lebih matang dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, angka transaksi yang meningkat tajam dalam reservasi hotel menjadi bukti keberhasilan tiket.com dalam mengajak masyarakat Indonesia untuk liburan baik dalam bentuk staycation, Work From Hotel, atau Liburan Dekat Rumah secara aman dan sesuai protokol kesehatan”.


Sejak awal tahun, tiket.com bermitra dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendorong popularitas sekaligus mengajak masyarakat untuk berwisata yang patuh protokol kesehatan ke destinasi super prioritas. Dari catatan tiket.com, TOP 5 destinasi domestik pada Q1 2021 berdasarkan penjualan hotel pada saat Mendadak OTW adalah Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Yogyakarta, sedangkan untuk tiket pesawat, sedangkan, TOP 5 destinasi favorit adalah Surabaya, Medan, Makassar, Bali dan Yogyakarta.

“Pergerakan positif sektor pendukung utama seperti transportasi dan akomodasi menjadi tolok ukur dalam memonitor kondisi pemulihan saat ini. Sebagai OTA yang customer centric, kami memiliki misi untuk memudahkan pelanggan dalam merencanakan perjalanannya, mulai dari tiket pesawat atau kereta api, booking hotel dan akomodasi, perlengkapan perjalanan (essentials), penyewaan mobil, hingga tiket masuk tempat wisata, yang telah dapat dipesan secara mudah di tiket.com, sehingga rencana liburan pun lebih matang dan tersusun lebih rapi,” lanjut Gaery.

Larangan Mudik Lebaran 2021

Gaery menjelaskan, tiket.com selaku OTA yang menjadi partner pemerintah di bidang pariwisata selalu mendukung langkah-langkah kebijakan pemerintah, terkait penanganan pandemi. Peningkatan kegiatan bepergian masyarakat memang menjadi penanda bahwa masyarakat sudah memahami bagaimana tetap beraktivitas di tengah pandemi, dengan menjalankan protokol kesehatan yang telah menjadi kebiasaan. Jadi sudah bisa mengukur dan mengantisipasi. 

Tiket.com pun mendukung kebijakan larangan mudik ini, sebagai langkah kehati-hatian dan pencegahan supaya tidak terjadi peningkatan kasus, seperti yang bisa kita pelajari dari negara lain. "Pemerintah pun mengumumkan hal ini jauh-jauh hari, sehingga tidak terjadi masalah seperti pengembalian tiket dalam jumlah besar, dan sebagainya. Kita tetap mendukung masyarakat untuk dapat berwisata di dalam kota, seperti staycation, atau kegiatan lain yang bisa ditemukan di 'Tiket To Do'. Jika memang ada kebutuhan tertentu, semua layanan tiket.com tetap terbuka dan dapat memenuhi kebutuhan tersebut".


Tiket Hari Raya (THR) Diskon hingga 50%+25%

Saat ini, tiket.com tengah menggelar program diskon tahunan di bulan Ramadan, yaitu Tiket Hari Raya (THR) dengan diskon hingga 50% + 25% untuk semua produk di dalam tiket.com, yaitu tiket pesawat domestik, hotel, HOMES, TO DO, kereta api, sewa mobil, dan airport transfer. THR kali ini spesial, karena mulai hari (19 April) tiket.com akan merayakan bulan Ramadan Pol-polan, dengan mengadakan Harga Gledek Spesial THR setiap harinya dari jam 15:00 – 21:00 WIB.

Promo Harga Gledek THR Penerbangan: Setiap hari pada Jam Gledek, yaitu 15.00 – 21.00 WIB siap-siap nyetrum dengan promo diskon 50% + 20% untuk semua penerbangan domestik. Sedangkan selama periode THR yang berlaku pada semua jam adalah diskon sebesar 50% + 10% untuk semua destinasi domestik.

Maria Risa Puspitasari, VP Brand Marketing, tiket.com, menjelaskan, “tiket.com mengundang masyarakat untuk menggunakan THR secara bijak, baik untuk melakukan kewajiban berzakat, perayaan Idul Fitri yang bersahaja, hingga perencanaan matang dalam menyusun perjalanan atau liburan dekat rumah di masa mendatang dengan memanfaatkan momentum kampanye THR (Tiketin Hari Raya) dari tiket.com”.

“Walaupun proses vaksinasi tengah berjalan, tiket.com tetap mengajak masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik selama dalam perjalanan atau tengah berwisata.  tiket.com turut mengajak masyarakat untuk selalu merencanakan liburan dengan matang, agar aman dan nyaman sesuai keinginan hati,” tutup Risa.

See also:
-- Inspirasi Busana Lebaran dari Blibli -- Kebersahajaan Danastri, Koleksi Lebaran dari RiaMiranda -- Bentuk Baru Presentasi Fashion dalam Raya Stream Fest -- Koleksi Hari Raya Zalora, Datang Lebih Awal --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

6 Tipe Traveler dan Pilihan Akomodasi yang Sesuai

6 Tipe Traveler dan Pilihan Akomodasi yang Sesuai

READ MORE
Traveloka Experience Bersama Doraemon Bagi-Bagi Promo Menarik

Traveloka Experience Bersama Doraemon Bagi-Bagi Promo Menarik

READ MORE