Berjemur Asyik Sebelum Pukul 10 Pagi Sambil Senam Ringan di Virtual Gym

Sejak merebak pandemi COVID-19, masyarakat semakin peduli dengan usaha untuk meningkatkan imun dan kualitas kesehatan, dengan beraktivitas hanya #diRumahAja. Salah satu aktivitas yang terbukti meningkatkan imun tubuh yaitu berjemur, ketika tubuh mendapat 'asupan' sinar matahari secara langsung. Meningkatnya daya tahan tubuh ini sebagai proteksi awal untuk meminimalisir virus yang masuk ke tubuh; tak terkecuali bagi anak-anak. Sinar matahari pagi merupakan salah satu yang bermanfaat untuk membantu dalam memperkuat daya tahan tubuh anak. Lewat berjemur anak-anak dapat merasakan manfaat sekaligus untuk kesehatannya.

Beberapa waktu belakangan, di media sosial cukup banyak informasi yang agak simpang siur, terutama tentang waktu terbaik untuk berjemur. Tidak sedikit sumber yang menyebutkan bahwa waktu terbaik untuk berjemur adalah mulai pukul 10 pagi. Menurut dr. Caessar Pronocitro, Sp.A, fM.Sc, Dokter Spesialis Anak, aktivitas berjemur sebaiknya dan seharusnya dilakukan SEBELUM pukul 10.00 pagi. Ini adalah saat dimana kita bisa mendapatkan paling banyak manfaat, karena kandungan sinar ultraviolet B (UVB) yang kemudian akan membentuk vitamin D dalam jumlah besar akan langsung disalurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. 

“Sementara kadar UVB semakin menurun diatas pukul 10.00 dan dapat berpotensi pada paparan kanker kulit pada anak. Untuk durasi berjemurnya dibawah pukul 10.00 dapat dinaikkan bertahap dari 5 menit sampai 15 menit. Aktivitas berjemur dapat dilakukan dalam frekuensi 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Anak-anak perlu memaksimalkan berjemur pada bagian lengan dan tungkai mereka, serta waktu berjemur ini berlaku untuk semua wilayah di Indonesia,” tambahnya. 
 

Tak hanya mengandung vitamin D saja sambungnya, berjemur sambil beraktivitas yang menyenangkan dibawah pukul 10.00 melatih ketahanan fisik anak. Pengkoordinasian tubuh disaat beraktivitas diluar ruangan ini bagus juga untuk pengembangan keterampilan motorik pada anak. Sehingga bila saat bulan Ramadhan tiba, anak-anak dapat merasa nyaman dengan aktivitas berjemur ini dan tidak merasa terbebani. 

#BerjemurAsyik

Saat berjemur, anak-anak bisa melakukan aktivitas fisik yang dikemas menyenangkan, seperti gerakan senam ringan yang bisa dilakukan ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Dr. Zeth Boroh, Sp.KO, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, merekomendasikan gerakan-gerakan yang bisa dilakukan saat #BerjemurAsyik ini.  


“Aktivitas #BerjemurAsyik dibagi dalam 3 bagian, dengan bagian utamanya adalah Virtual Gym yaitu gerak tubuh virtual sehingga anak dapat sekaligus membayangkan sambil bereksplorasi melatih motoriknya saat memvisualisasikan gerakan tersebut. Sehingga walaupun saat ini mereka melakukan berjemur di rumah karena ada pembatasan kegiatan di masa Covid-19, mereka dapat berimajinasi seperti sedang berenang, bersepeda, bermain skating ataupun mendayung,” jelasnya. 

Ditambah lagi menurutnya, gerakan virtual ini dapat membantu struktur tubuh anak menjadi lebih kuat serta terhindar dari cedera otot saat mereka sedang aktif beraktivitas #BerjemurAsyik. Disamping gerak tubuh virtual ada gerak tubuh pendukung lain yaitu pemanasan (dynamic stretching) dengan intensitas sedang yang berfokus pada fleksibilitas tubuh anak. 

“#BerjemurAsyik sambil bereksplorasi Virtual Gym yang didukung dengan gerak tubuh lainnya dapat ikut membentuk sistem daya tahan tubuh anak menjadi lebih kuat dan maksimal. Disamping bagus untuk keterampilan motorik anak. Ketiga bagian gerak tubuh yaitu aktivitas Virtual Gym dan pendukungnya dapat dilakukan 1 hingga 2 set saja atau sekitar 5 sampai 10 menit sambil berjemur,” sambungnya lagi. 

Sakatonik ABC sebagai vitamin anak Indonesia untuk mendukung daya tahan tubuh anak- anak Indonesia di masa Covid-19 ini dengan ikut mengajak dan memfasilitasi aktivitas #BerjemurAsyik sambil bereksplorasi dengan Virtual gym. “Kami sangat mengerti bahwa dimasa pembatasan beraktivitas diluar rumah ini para orang tua dituntut untuk lebih kreatif dalam bereksplorasi untuk kebutuhan anaknya. Harapan kami aktivitas ini juga dapat membantu anak-anak untuk beraktivitas yang menyenangkan dan juga menyehatkan,” ujar dr. Helmin Agustina Silalahi, Medical Manager dari Kalbe Consumer Health. 


Berjemur Perlu Didukung Asupan Nutrisi dan Vitamin Lengkap untuk Daya Tahan Tubuh Maksimal 

Dr. Caessar Pronocitro, Sp.A, M.Sc, Dokter Spesialis Anak, menambahkan untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh secara maksimal apalagi dimasa Covid-19 ini selain dari vitamin D yang bersumber dari sinar matahari perlu didukung juga dengan vitamin B kompleks lain, yang dapat diperoleh dari asupan makanan bergizi yang mengandung vitamin A, B, C, dan E serta kandungan nutrisi pendukung lainnya. 

Sementara Sakatonik ABC hadir untuk melengkapi asupan multivitamin pelengkap bagi anak disamping makanan yang bergizi. “Apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan, asupan vitamin perlu untuk mendukung aktivitas kegiatan mereka sehari-hari sehingga anak-anak dapat secara maksimal beraktivitas seperti biasa walaupun sedang ikut berpuasa,” tutup dr. Helmin Agustina Silalahi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai #BerjemurAsyik dengan Virtual Gym, dapat dilihat langsung melalui laman instagram Sakatonik ABC.

See also:
-- Kebutuhan Nutrisi Ekstra Bagi Seorang Ibu -- Konsumsi Multivitamin dengan Takaran yang Pas Sangat Bermanfaat bagi Tubuh -- Kulit Kenyal 'Gemesin' dengan YOUVIT x ERHA Collagen -- Menjaga Kulit Bersinar dan Lembab dengan Produk Berbahan Vitamin C dan Hyaluronic Acid --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Street Style Wear for Kids: ToffTop8

Street Style Wear for Kids: ToffTop8

READ MORE
Yuk Ikut Donasi Dukung PJJ Anak-anak

Yuk Ikut Donasi Dukung PJJ Anak-anak

bodrex bekerjasama dengan Wakaf Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) mengajak masyarakat untuk ikut berdonasi fasilitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang masih banyak terkendala.

READ MORE