RMTS 2020; RiaMiranda dan Inspirasi Nilai-Nilai Kebaikan

RMTS 2020; RiaMiranda dan Inspirasi Nilai-Nilai Kebaikan

Sejak tahun pertama kiprahnya dalam dunia mode muslim di Indonesia, Ria Miranda langsung mengganti nama brand yang akan digunakan seterusnya, dari Shabby Chic (by Ria Miranda) menjadi 'Ria Miranda' (yang kemudian penulisannya menjadi RiaMiranda).  Pemilihan nama merek inilah yang menjadi -salah satu- tonggak terpenting bagi brand ini, yang kini berkembang pesat menjadi salah satu brand modest fashion terpenting di Indonesia. Lazimnya sebuah fashion house yang menggunakan nama sang desainer, nama RiaMiranda menjadi kunci. Karakter brand RiaMiranda adalah sosok, karakter dan segala hal yang melekat dan langsung diasosiasikan pada diri Ria Miranda, sang founder, desainer dan Creative Director

Ini juga membuat RiaMiranda unik dan berbeda dengan brand fashion lain. Nama dan sosok sang desainer menjadi kapital terbesar yang dimiliki, sehingga orang lebih banyak mengasosiasikan RiaMiranda sebagai sosok dan desainer, dibanding sebagai brand. Dan modal ini pun berkembang serta bertumbuh sukses hingga kini, satu dekade sejak RiaMiranda berdiri. 

10 tahun, menjadi milestone penting dan momen bagi RiaMiranda untuk mengkomunikasikan kembali kepada masyarakat, penyuka fashion, dan loyal customer, tentang konsistensi langkah dalam perjalanan di industri fashion tanah air, tentang apa ditawarkan brand ini ke depannya. Pencapaian istimewa satu dekade di tahun ini ditandai dengan rangkaian perayaan bertajuk 10 Langkah, dengan sebuah pop-up venue yang menggambarkan perjalanan 10 tahun RiaMiranda.

Dan di penghujung tahun, tentu saja pergelaran tahunan Ria Miranda Trend Show (RMTS) yang telah menjadi sebuah ikon tersendiri. Kali ini, RMTS yang lebih bernafaskan kolaborasi dan kebersamaan ini, bertajuk "Tokopedia presents RiaMiranda The Seventh Annual Show 2020 (RMTS 2020)" digelar pada 29 November 2019 di The Hall Senayan City.

Dalam beberapa kesempatan pada rangkaian 10 tahun RiaMiranda ini, Ria Miranda dan sang suami yang menjadi partner dan CEO, menekankan tentang brand RiaMiranda yang kini merupakan brand gaya hidup yang ingin selalu menebarkan nilai-nilai kebaikan. RMTS kali ini dengan tema besar ‘Realita’, suguhan koleksinya juga bercerita tentang arti sebuah proses menuju kedewasaan dengan selalu bersumbu pada nilai-nilai kebaikan.

Tidak saja dalam penciptaan produk-produk fashion dan gaya hidup di bawah brand RiaMiranda, Ria dan Pandu sebagai entitas bisnis juga selalu menekankan pentingnya berkolaborasi dalam segala aspek dan aktivitas. Kolaborasi dilakukan dengan banyak pihak, mulai dari perayaan 10 Langkah RiaMiranda, hingga RMTS 2020. Kolaborasi ini berarti bersama-sama dengan banyak partner, untuk maju bersama, menciptakan dampak dan inspirasi kebaikan yang lebih besar.


Dengan Tokopedia sebagai partner RMTS kali ini, RiaMiranda ikut berpartisipasi dalam menciptakan super ekosistem yang mendukung kreator lokal untuk mendapatkan akses lebih luas dengan pemanfaatan teknologi. Koleksi 'Serunai' yang dipamerkan dalam RMTS kali ini pun tersedia di Tokopedia Official Store maupun Tokopedia Salam, sebuah platform yang diluncurkan pada Novemver lalu untuk mempermudah masyarakat dalam memenuhi beragam kebutuhan sehari-hari dengan berbagai pilihan produk dan layanan yang baik. Tokopedia juga berkolaborasi dengan para mitra strategis yang memiliki misi besar yang sama untuk Indonesia, yaitu pemerataan ekonomi syariah secara digital.

Begitu pula dengan komunitas Ria Miranda Loyal Customer (RMLC) yang selalu antusias mendukung pelaksanaan RMTS setiap tahunnya. RMLC yang terbentuk secara organik dari para pelanggan yang sangat menyukai koleksi RiaMiranda, kini beranggotakan ratusan hingga ribuan pelanggan yang tersebar di setiap kota-kota cabang RiaMiranda. RMTS menjadi ajang berkumpul (national gathering) bagi anggota RMLC dari berbagai daerah yang antusias hadir ke Jakarta. Dari kesukaan yang sama hingga berbagi dalam segala hal, secara online dan offline, RMLC berinisiatif untuk melakukan kegiatan positif yang berdampak nyata pada masyarakat. Salah satunya adalah program wakaf melalui CIMB Niaga. 

Tahun ini RiaMiranda meluncurkan koleksi Wastra Series, yaitu delapan koleksi yang terinspirasi dari 8 wastra Nusantara, yang akan diluncurkan dan dijual secara eksklusif di delapan cabang wastra tersebut berasal. Seperti koleksi wastra Lombok yang mengambil motif-motif tenun NTB, koleksinya akan tersedia hanya di toko RiaMiranda Lombok. 

Pergelaran fashion show RiaMiranda kali ini memiliki dua konsep yang berbeda sesuai dengan koleksi yang ditampilkan. Sebanyak 56 looks di tampilkan pada show sesi satu dengan koleksi ready-to-wear, dan 40 looks pada show sesi dua yang menampilkan koleksi signature.

Ria Miranda menambahkan, “Konsep fashion show tahun ini, memang ingin beda dari tahun-tahun sebelumnya. Show sesi satu sifatnya lebih entertaining, karena ada RMLC yang akan terlibat di catwalk dan koleksi ready-to-wear hasil kolaborasi bersama Tokopedia dan Disney. Sedangkan show sesi dua, ambience nya akan berbeda dengan menampilkan koleksi RiaMiranda signature yang menampilkan parade busana dengan detail unik namun tetap feminine & elegan.”

Pada sesi satu, ditampilkan koleksi ready-to-wear Spring/Summer 2020 mendatang, diantaranya bertema ‘Mimosa’ yang menceritakan tentang perjalanan transformasi menuju kebaikan dan 'Serunai' yang berkolaborasi dengan Tokopedia. Serunai menceritakan tentang manusia yang selalu terasosiasi dengan identitas dan asal-usul budayanya, manusia berbudaya adalah yang selalu mampu mengapresiasi kebudayaannya. 



Koleksi Signature dengan tema Bias yang menceritakan tentang arti sebuah harapan baru dang berpikir positif. Koleksi ini lebih mencerminkan keleluasaan desain dan tren yang hendak disampaikan, melalui permainan ragam bentuk, pola, detail dan material. Detail rumit, ekpresif dalam warna dan material yang lebih bold terekspresikan pada koleksi ini, mulai dari detail smock, volume, hingga leather. 


Perjalanan langkah brand RiaMiranda menuju kedewasaan telah memberikan banyak pengalaman dan pembelajaran tentang arti sebuah proses dan konsistensi. Transformasi brand RiaMiranda menjadi brand yang menghasilkan produk gaya hidup, akan menjadi babak baru menghadapi realita. Ikatan silaturahmi dan syiar agama tersirat melalui produk-produk yang dihasilkan. Doa dan harapan selalu mengiringi proses langkah yang di jalani.


See also:
-- Gaya Moroccan Pastel Kolaborasi Jovian Mandagie & Ria Miranda -- RMTS 2020; RiaMiranda dan Inspirasi Nilai-Nilai Kebaikan -- Saat para Cistels Mengantri Koleksi Riamiranda -- Wardah Persembahkan 'Equator Treasure', Pamerkan Rancangan Terbaru dari 6 Desainer --

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Identitas Batik Liza Supriyadi

Identitas Batik Liza Supriyadi

READ MORE
Rasa Kemewahan dan Aristrokrasi Belle Epoque Pada Koleksi Gaun Yenty Tan

Rasa Kemewahan dan Aristrokrasi Belle Epoque Pada Koleksi Gaun Yenty Tan

READ MORE