Donasi 1000 Busana Ali Charisma untuk Pendidikan Indonesia

Donasi 1000 Busana Ali Charisma untuk Pendidikan Indonesia

Kita banyak mendengar langkah dan kiprah, kolaborasi para desainer dalam berbagai hal, tidak hanya terbatas dalam lingkaran industri fashion tentu saja. Dunia kreatif yang digeluti oleh seorang perancang busana ini mungkin yang meniscayakan konsep-konsep baru yang harus selalu diambil, dilakukan untuk melangkah maju lebih jauh. 

Sustainable fashion, konsep yang baru akan terwujud (ideal) bila dilakukan bersama-sama, dari berantai pelaku industri fashion dari hulu ke hilir, hingga end user, masyarakat pengguna fashion itu sendiri. Konsep yang terutama diteriakkan karena keadaan yang dihadapi sekarang adalah pasar yang dibanjiri oleh produk fast fashion, yang kesudahannya (limbah, dll) akan mengancam kelangsungan planet bumi dan kehidupan di dalamnya. Tapi konsep ini masih jauh dari menginternalisasi di masyarakat. Belum ada regulasi terkait, sehingga membangun awareness masyarakat-lah yang diandalkan. 

Berlimpah publikasi, kampanye, gerakan, aksi menyuarakan sustainable fashion telah dilakukan, pun tidak terhenti sejak pandemi terjadi. Pada awal tahuan 2021 ini, Ali Charisma yang merupakan Ketua Nasional Indonesian Fashion Chamber (IFC) sebuah asosiasi fashion besar di Indonesia, mengumumkan sebuah langkah yang -boleh dibilang- spektakuler, grande. Ali Charisma akan melepas lebih dari 1.000 busana dari koleksi fashion show yang pernah dirancangnya, berupa casual wear, evening/cocktail wear, dan wedding dress, khususnya untuk generasi muda yang membutuhkan busana untuk momen spesial dalam kehidupannya, seperti pertunangan atau pernikahan. Agar koleksi busana tersebut tak hanya terhenti di tempat penyimpanan di workshop, namun dapat didayagunakan sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Memberikan 'daya hidup' yang lebih lama dari sepotong busana, juga merupakan satu langkah penting dari konsep sustainable fashion, meskipun masih banyak sekali yang bisa kita sebutkan, bila dihadapkan pada pertanyaan, 'langkah konkrit apa untuk mewujudkan fashion berkelanjutan?'.

Ali Charisma sebagai seorang fashion desainer dan enterpreneur, yang sudah lebih dari dua dekade menekuni industri fashion, telah berkomitmen untuk menjalankan bisnisnya sesuai konsep sustainable fashion. Sebagai bentuk nyata akan kepeduliannya terhadap industri fashion yang berkelanjutan, Ali Charisma giat mengedukasi dan menggaungkan konsep sustainable fashion tak hanya di kalangan pelaku usaha fashion, namun mencakup khalayak luas.


Charisma telah menciptakan rangkaian karya untuk pangsa pasar di dalam negeri maupun luar negeri yang telah ditampilkan di berbagai pekan mode skala nasional hingga internasional. Di bawah naungan brand sesuai namanya, Ali Charisma menghadirkan lini evening dan cocktail wear untuk segmen usia 25-40 tahun dan lini casual wear untuk segmen usia 18-30 tahun. Koleksi yang telah dibuat oleh Ali Charisma menunjukkan proses perjalanannya dalam berkreasi menciptakan karya yang konsisten mengeksplorasi elemen desain dan material untuk diwujudkan dalam identitas rancangannya.

Berpengalaman menggeluti bidang retail selama 18 tahun dan bidang ekspor selama 15 tahun, Ali Charisma telah berhasil merambah pangsa pasar luar negeri, antara lain Italia, Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Perancis, Yunani, Inggris, Spanyol, Jerman, Rusia, Arab Saudi, Kuwait, China, Korea, dan Jepang.

Karya Ali Charisma telah ditampilkan dalam pekan mode dan pameran dagang skala internasional, antara lain Hong Kong Fashion Week – Exhibitor and Runway Fashion Show selama 16 tahun, Dubai Fashion Week 2005, Brisbane International Fashion Week 2009, Prêt-a-Porter Paris 2009, Hong Kong Fashion Access sejak tahun 2009 sampai 2015, Perth Fashion Week 2012, International Fashion Week 2012 (Brisbane), AIFD Symposium Denver - Amerika Serikat 2015, How’s Next Paris September 2015, Indonesian Weekend – London 2016, La Mode Sur La Seine a Paris 2018 dan 2019.

Di masa pandemi Covid-19, Ali Charisma konsisten berkarya dengan menyuguhkan Acharisma By Ali Charisma, yaitu second line ready to wear untuk kategori urban wear hingga resort wear yang mengusung konsep sustainable fashion dengan menggunakan bahan-bahan natural, salah satunya material viscose buatan Indonesia dan zero waste.

Seiring dengan perkembangan proses berkreasi yang dilaluinya, Ali Charisma berkomitmen untuk menerapkan konsep sustainable fashion yang kini telah menjadi perhatian penting bagi pelaku usaha di industri fashion secara global. Sustainable fashion atau fesyen berkelanjutan merupakan prinsip sebagai produsen maupun konsumen fashion yang mengedepankan kepedulian terhadap lingkungan dan kemanusiaan. Konsep sustainability tak hanya diterapkan oleh Ali Charisma dalam menjalani bisnis di sektor ini. Sustainable lifestyle atau gaya hidup berkelanjutan telah menjadi bagian dari aktivitas keseharian Ali Charisma.

1000 koleksi busana ini telah dipamerkan pada gelaran fashion nasional dan internasional, dan menghiasi beribu publikasi mode. Seluruh koleksi ini bisa dimiliki secara gratis oleh khalayak luas. Ali Charisma hanya mensyaratkan, mereka yang ingin memperoleh busananya, bisa mendonasikan senilai minimal 10% dari harga busana tersebut.Donasi ini sangat bermakna untuk membantu adik-adik yang memerlukan bantuan pakaian sekolah di daerah daerah terpencil di Indonesia, melalui BenihBaik.com.


Sebagai pelepasan terhadap memorabilia, Ali Charisma akan menampilkan kembali koleksi busana tersebut dalam peragaan busana yang bertajuk “Sustainability & Charity Event” ditayangkan secara live streaming pada tanggal 26 hingga 28 Februari 2021, pukul 16.00 dan 19.00 WIB, melalui YouTube Channel Ali Charisma, Facebook Ali Charisma dan Instagram @alicharismaofficial.

Tidak hanya fashion show, acara ini akan menampilkan pula program “Sustainable Fashion Talk” dengan menghadirkan para ahli di bidang sustainability yaitu Basrie Kamba, Direktur Asia Pacific Rayon (APR), Melinda Babyanna, Founder the Bespoke Fashion (TBF) Consultant, Tjok Istri Ratna C.S, S Ketua Prodi Desain Mode FSRD Institut Seni Indonesia Denpasar, Shari Semesta, Founder IMAJI Studio; dan Happy Salma, public figure yang konsisten menjalani konsep ramah lingkungan.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi generasi muda, baik kalangan fashion designer maupun masyarakat umum, tentang kesadaran dan kepedulian terhadap sustainable fashion serta menjalani sustainable lifestyle untuk kehidupan yang berkelanjutan di masa depan.

“Untuk menerapkan konsep sustainability dibutuhkan jiwa yang peduli, tidak hanya sibuk berfokus dengan karyanya, tetapi juga sibuk berpikir untuk lingkungan sekitar dan masa depan. Kalau saja ada banyak jiwa seperti Ali Charisma yang menanamkan benih kebaikan, maka kehidupan akan menjadi jauh lebih indah” tutur Tantri Moerdopo, PR & Government Relations Manager Benih Baik.com

Ingin berpartisipasi? Mudah sekali, anda tinggal menghubungi tim Ali Charisma, dan memilih produk di katalog. Kemudian, masuk ke https://benihbaik.com/campaign/ali-charisma-berbagi-kebaikan, dan ikuti petunjuk pembayaran selanjutnya. Setelah itu, tunjukkan bukti pembayaran ke tim Ali Charisma, dan produk yang anda pilih akan langsung dikirim ke alamat anda. 

Langkah mudah dan ringan untuk kita semua mendukung inspirasi luar biasa dari Ali Charisma untuk fashion yang berkelanjutan. 

See also:
-- "A Fashion Designer is Never A Dress Maker" -- Donasi 1000 Busana Ali Charisma untuk Pendidikan Indonesia -- Sosok Wanita Penting dalam Instalasi Art-Fashion L.tru -- Check these Jackie O's Inspired Modest Collection from Majesté --

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Strategi Desainer Hadapi Pandemi

Strategi Desainer Hadapi Pandemi

READ MORE
Pre-Ramadhan Hype; Ria Miranda 6 Launchings in A Week!

Pre-Ramadhan Hype; Ria Miranda 6 Launchings in A Week!

READ MORE